7 Bangunan Terbesar di Indonesia, Ternyata Tingginya Segini!

Bangunan Terbesar di Indonesia

Bangunan terbesar di Jakarta -  Indonesia, sebagai salah satu negara yang memiliki pertumbuhan perkembangan ekonomi yang pesat, menunjukkan kehadiran dirinya di panggung global dengan sejumlah gedung pencakar langit yang mengesankan.

Saat ini, Indonesia duduk di peringkat ke-10 dunia dalam hal jumlah gedung bertingkat tinggi. Jika Dubai telah mengukir namanya dengan Burj Khalifa.

Gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 828 meter dan 163 lantai, Jakarta tidak kalah menarik dengan sejumlah menara pencakar langitnya yang membanggakan. Maka dari itu, kenali beberapa bangunan terbesar yang ada di indonesia. Simak ulasanny berikut :

Bangunan Terbesar di Indonesia

1. Istana Negara

Bangunan Terbesar di Indonesia

Istana Negara di Jakarta, tempat tinggal resmi Presiden Indonesia, tidak hanya menjadi simbol kekuasaan tetapi juga arsitektur klasik yang memukau.

Dengan luas lebih dari 68.000 meter persegi, istana ini menciptakan harmoni antara keindahan alam dan arsitektur tradisional. 

Bangunan ini memiliki taman yang indah, kolam renang, dan berbagai ruangan yang dipenuhi seni dan sejarah.

2. Monas (Monumen Nasional) - Jakarta

Bangunan Terbesar di Indonesia

Monas atau Monumen Nasional adalah landmark ikonik di Jakarta yang menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia. 

Dengan tinggi mencapai 132 meter, Monas menampilkan arsitektur monumental yang menggambarkan semangat nasionalisme. Puncaknya, yang dihiasi lidah api emas, menjadi penanda visual kebebasan dan kedaulatan.

3. Patung Garuda Wisnu Kencana - Bali

Bangunan Terbesar di Indonesia

Beralih ke Pulau Dewata, Bali, Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) mencuri perhatian dengan keindahan dan ukuran yang mengesankan. 

Dengan tinggi 121 meter, patung ini adalah salah satu karya seni monumental terbesar di dunia. Menggambarkan Dewa Wisnu yang menunggangi burung Garuda, GWK adalah simbol spiritual dan kekayaan budaya Indonesia.

4. Tugu Jogja - Yogyakarta

Bangunan Terbesar di Indonesia

Tugu Jogja, atau Tugu Pal Putih, adalah ikon Kota Yogyakarta yang menciptakan kesan megah dan artistik. 

Dengan ketinggian 27 meter, tugu ini memadukan unsur arsitektur klasik Jawa dengan keanggunan yang abadi. Selain menjadi landmark kota, Tugu Jogja juga menjadi saksi bisu perjalanan sejarah dan budaya di Yogyakarta

5. Trans Studio Makassar - Sulawesi Selatan

Trans Studio Makassar, di Sulawesi Selatan, bukan hanya sekadar bangunan, melainkan kompleks hiburan terbesar di Indonesia. 

Dengan menara setinggi 20 meter, kompleks ini menggabungkan taman hiburan dalam ruangan, pusat perbelanjaan, dan hotel. Sebagai destinasi wisata utama, Trans Studio Makassar menjadi titik fokus hiburan keluarga dan pengunjung dari berbagai daerah.

6. Gedung Indonesia-1 - Jakarta

Gedung Indonesia-1, yang masih dalam tahap pembangunan, menjanjikan menjadi pencakar langit tertinggi di Indonesia. 

Dengan rencana ketinggian lebih dari 600 meter, gedung ini akan menjadi pusat keuangan dan bisnis di Jakarta. Proyek ambisius ini mencerminkan tekad Indonesia untuk bersaing dalam kancah bisnis internasional.

7. Gedung BRI - Surabaya

Bangunan Terbesar di Indonesia

Gedung BRI di Surabaya, dengan ketinggian mencapai 200 meter, menjadi salah satu landmark terkemuka di luar Jakarta. Selain menjadi pusat keuangan

gedung ini membanggakan arsitektur modern yang mencolok dan memberikan kontribusi signifikan pada skyline Surabaya. Gedung BRI menunjukkan bahwa kemajuan dan inovasi tidak terbatas pada ibu kota.

Bangunan-bangunan megah ini membentang dari ujung barat hingga timur Indonesia, mencerminkan keanekaragaman budaya dan kemajuan teknologi. 

Dari Istana Negara yang mencerminkan keagungan pemerintahan hingga GWK yang merangkum kekayaan spiritual, setiap bangunan memiliki cerita dan makna tersendiri. 

Sebagai negara yang terus tumbuh dan berkembang, Indonesia dapat menantikan penambahan bangunan-bangunan megah lainnya yang akan terus menghiasi dan mengukir sejarah di bumi nusantara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Kayu Termahal hingga berjuta-juta Ternyata ini Kualitasnya

Inilah Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Atap Rumah

Sejarah Basketball di Indonesia, dari POB hingga Awal PERBASI