Mengenal 9 Baju Adat Sunda Paling Populer

Mengenal baju Adat Sunda

Pakaian Adat Sunda - Jawa Barat, salah satu provinsi di Indonesia, dikenal karena kekayaan budayanya yang luar biasa.

Salah satu aspek budaya yang paling menarik adalah pakaian adatnya. Pakaian adat Sunda Jawa Barat memiliki beragam jenis dan aksesorinya yang unik.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sembilan pakaian adat Sunda yang indah beserta aksesorinya yang memikat.

Mengenal Baju Adat Sunda

Jawa Barat, dengan beragam suku dan budayanya, memiliki sejumlah besar pakaian adat yang dipakai dalam berbagai upacara adat, perayaan, dan acara penting lainnya. 

Pakaian-pakaian ini mencerminkan keindahan seni tradisional, nilai-nilai budaya, serta sejarah yang kaya.

Simbol Identitas dan Kebanggaan

Pakaian adat Sunda Jawa Barat adalah simbol identitas masyarakat Sunda. Setiap jenis pakaian memiliki makna dan perannya sendiri dalam budaya Sunda. 

9 Baju Adat Sunda yang Banyak Digunakan

Mengenal baju Adat Sunda

Berikut adalah sembilan pakaian adat Sunda yang paling menonjol:

1. Baju Bodo

Baju Bodo adalah salah satu jenis pakaian adat Sunda yang paling terkenal. Ini adalah busana tradisional yang dipakai oleh wanita Sunda. Baju Bodo terdiri dari dua bagian utama: atasan dan bawahan.

Baju Bodo memiliki ciri khas atasan berbentuk bodo (sejenis kemeja longgar) dengan lengan yang lebar dan panjang. 

Bawahan biasanya berupa kain panjang yang disebut kain jarik. Kain jarik ini dililitkan di pinggang dan digunakan untuk menutupi kaki.

Aksesorinya meliputi selendang yang disebut selendang rajut, mahkota, dan perhiasan seperti kalung dan gelang.

2. Baju Kebaya Sunda

Baju Kebaya Sunda adalah pakaian adat wanita Sunda lainnya yang sangat elegan. Ini adalah adaptasi lokal dari kebaya Jawa dengan sentuhan khas Sunda.

Baju Kebaya Sunda terdiri dari kebaya (blus panjang) yang dipadukan dengan kain jarik atau kain batik sebagai bawahan. Bagian atas kebaya seringkali memiliki hiasan yang rumit dan berwarna-warni.

Aksesorinya termasuk sanggul (penataan rambut), kalung, anting-anting, dan cincin.

3. Baju Priyangan

Baju Priyangan adalah pakaian adat Sunda yang paling formal dan sering digunakan dalam upacara pernikahan atau acara resmi lainnya.

Busana ini terdiri dari blangkon (topi tradisional Sunda), kemeja panjang, kain sarung, sabuk, serta aksesoris seperti keris dan ikat pinggang.

4. Baju Cianjak

Baju Cianjak adalah pakaian adat Sunda yang digunakan oleh laki-laki dalam acara pernikahan. Ini adalah busana yang sangat indah dan penuh makna.

Baju Cianjak terdiri dari baju panjang, celana panjang, kain jarik, serta berbagai aksesoris seperti keris dan ikat pinggang.

5. Baju Beberes

Baju Beberes adalah pakaian adat Sunda yang dipakai oleh wanita dalam acara pertunangan atau sebelum pernikahan. Ini adalah busana yang sederhana tetapi anggun.

Baju Beberes terdiri dari baju panjang dengan hiasan kain batik dan kain jarik. Aksesorinya meliputi sanggul, kalung, dan anting-anting.

6. Baju Pesta Adat

Baju Pesta Adat adalah pakaian adat Sunda yang digunakan dalam acara-acara pesta atau perayaan penting lainnya.

Baju ini seringkali sangat berwarna-warni dengan hiasan yang rumit. Aksesorinya meliputi mahkota, selendang, dan perhiasan.

7. Baju Panjang

Baju Panjang adalah pakaian adat wanita Sunda yang sering digunakan dalam acara-acara adat atau upacara pernikahan. Baju ini memiliki siluet panjang dan anggun.

Baju Panjang terdiri dari atasan dengan hiasan yang rumit dan rok panjang. Aksesorinya meliputi sanggul, kalung, dan anting-anting.

8. Baju Pangsi

Baju Pangsi adalah pakaian adat Sunda yang dipakai oleh pria dalam acara-acara adat atau pernikahan. Ini adalah busana yang sederhana tetapi berkelas.

Baju Pangsi terdiri dari baju panjang, celana panjang, dan kain jarik. Aksesorinya meliputi keris dan ikat pinggang.

9. Baju Cikureuy

Baju Cikureuy adalah pakaian adat Sunda untuk anak-anak perempuan. Ini adalah busana yang sangat lucu dan menggemaskan.

Baju Cikureuy terdiri dari baju atasan dengan hiasan kain batik dan rok pendek. Aksesorinya meliputi sanggul, kalung, dan gelang.

Kesimpulan 

Mengenal baju Adat Sunda

Pakaian adat Sunda Jawa Barat adalah bagian integral dari kekayaan budaya provinsi ini. Dengan sembilan jenis pakaian adat yang berbeda beserta aksesorinya yang memikat

kita dapat memahami kedalaman dan keragaman warisan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Sunda. Semua busana ini memiliki nilai seni yang tinggi dan merupakan simbol identitas yang sangat penting bagi masyarakat Sunda. 

Dengan menjaga dan memahami keindahan pakaian adat Sunda, kita dapat tetap memelihara dan memperkaya budaya yang berharga ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Atap Rumah

Mencari Decking Kayu Serta Harga Terbaik di Indonesia?

Jenis Kayu Termahal hingga berjuta-juta Ternyata ini Kualitasnya